UNIVERSITAS
GUNADARMA
FAKULTAS
TEKNOLOGI INDUSTRI
PEMBUATAN
HANDLE MOTOR KARISMA DENGAN BAHAN
ALUMUNIUM
ADC 12 DAN ADC 14 MELALUI
TEKNOLOGI
PENGECORAN PASIR CETAK CO2
Disusun
Oleh :
Nama : Jarwadi
NPM : 20401779
Jurusan : Teknik Mesin
Pembimbing : Syahbuddin, Ph.D
Diajukan
Guna Melengkapi Sebagai Syarat Dalam
Mencapai
Gelar Sarjana Satu (S-1)
JAKARTA
2012
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Pertumbuhan industry di Indonesia
mengalami peningkatan yang
sangat tinggi di
industry yang bergerak di bidang pengecoran logam khususnya di bidang otomotif,
, pada saat seperti ini industry pengecoran memegang peranan penting di dalam
suatu proses produksi dari berbagai bentuk salah satunya handle motor Kharisma.
Handle motor sangatlah penting yang mempunyai fungsi
sebagai tuas penekan rem pada sebuah kendaraan roda dua. Umumnya kita terlalu
mengabaikan perawatan handle serta sering terjadi patah pada handle yang kita
gunakan.
Oleh
sebab itu saya sebagai penulis akan mencoba membuat handle charisma serta
membandingkan hasil buatan produk sendiri melalui proses cetakan pasir CO2 dan menggunakan bahan alumunium yang sama.
1.2
Permasalahan
Untuk mengetahui prinsip pembuatan,
sifat dan karakter pada
handle
motor charisma, maka dilakukan studi perbandingan dengan membuat handle dengan
paduan alumunium (ADC12 dan ADC14) menggunakan metode pengecoran cetakan pasir
CO2 serta melakukan beberapa pengujian.
Yakni
pengujian impact, pengujian rokwell dan analisa struktur mikro pada sample
hasil pengecoran dan sample original handle Honda charisma.
1.3
Batasan
Masalah
Penulisan ini hanya
membahas tentang:
1. Proses
pembuatan handle motor charisma
2. Proses
pengujian impact serta perhitungan uji impact
3. Proses
pengujian structurmicro
4. Pengujian
Rockwell
5. Tidak
membahas tentang perhitungan dimensi bentuk benda coran
6.
Tidak membahas tentang perhitungan
pada system saluran tuang (gatting
system)
1.4
Tujuan
Masalah
Tujuan penulisan ini
adalah:
1. Sebagai
syarat untuk meraih jenjang sarjana/ S1
2. Untuk
mengimplementasikan ilmu yang di dapat untuk menganalisa ketahanan suatu handle motor
3. Mendapatkan
jenis handle motor yang sesuai dengan
kebutuhan
1.5
Tujuan
Penelitian
Tujuan dari penelitian
ini adalah :
1. Untuk
mengetahui prinsip pembuatan handle motor charisma dengan teknologi pengecoran
cetakan pasir CO2 dengan material
alumunium ADC 12 dan ADC 14.
2. Untuk
mengetahui effisiensi bahan coran yang digunakan.
3. Menganalisa
hasil produk coran ADC 12 dan ADC 14.
1.6.1
Metode
Penulian
Untuk metode pengumpulan
data yang di dasarkan pada penelitian langsung yang ada di lapangan berupa:
a. Metode
Interview
Pengambilan data dengan
cara melakukan Tanya jawab kepada karyawan setempat dengan terlebih dahulu
mempersiapkan pertanyaan yang akan di
ajukan.
b. Metode
Observasi
Proses pengambilan data langsung
pada obyek yang diteliti
1.6.2
Studi
Pustaka
Pengumpulan data yang di lakukan
dengan cara membaca buku yang ada kaitannya dengan obyek yang di teliti
1.6.3
Eksperimen
Melakukan pembuatan specimen yang
kemudian dilakukan berbagai pengujian untuk mendapatkan data penelitian
1.7 Sistematika Penulisan
Untuk
mempermudah pembagian skirpsi ini disusun dengan sistematika penulisan sebagai
berikut :
BAB
I PENDAHULUAN
Bab
ini dijelaskan mengenai ; latar belakang masalah, identifikasi masalah, batasan
masalah, tujuan penulisan, metode penulisan, dan sistematika penulisan
BAB
II LANDASAN TEORI
Bab
ini akan menguraikan mengenai teori-teori yang menunjang dalam penulisan tugas
akhir ini diantaranya :
BAB
III METODE PENELITIAN
Bab
ini berisi tahapan yang di gunakan selama penelitian dan penjelasan dari setiap
tahapan tersebut.
BAB
IV HASIL PENELITIAN DAN
PEMBAHASAN
Bab
ini akan menguraikan hasil penelitian dan pembahasan dari pengujian
BAB
V KESIMPLAN DAN SARAN
Menyimpulkan
hasil penelitian dan saran-saran yang disampaikan oleh
Penulis
1.8 Fokus Pertanyaan
1.
Apa saja metode peningkatan sifat-sifat pengecoran ?
2. Apa yang mempengaruhi
fluiditas dan kualitas pengecoran ?
3. Apa saja manfaat
limbah atau cacat pada pengecoran logam ?
No comments:
Post a Comment