Wednesday, January 20, 2016

T2_Rudikurniawan_3ic04


UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI

Description: https://josephinejoe.files.wordpress.com/2012/09/logo_gunadarma-1.jpg

PEMBUATAN HANDLE MOTOR KARISMA DENGAN BAHAN
ALUMUNIUM ADC 12 DAN ADC 14 MELALUI
TEKNOLOGI PENGECORAN PASIR CETAK CO2


Disusun Oleh :

                                                Nama                           : Jarwadi
                                                NPM                           : 20401779
                                                Jurusan                        : Teknik Mesin
                                                Pembimbing                : Syahbuddin, Ph.D

Diajukan Guna Melengkapi Sebagai Syarat Dalam
Mencapai Gelar Sarjana Satu (S-1)
JAKARTA
2012

                                                                             BAB 1
                                                          PENDAHULUAN



1.1            Latar Belakang

Pertumbuhan industry di Indonesia mengalami peningkatan yang
sangat tinggi di industry yang bergerak di bidang pengecoran logam khususnya di bidang otomotif, , pada saat seperti ini industry pengecoran memegang peranan penting di dalam suatu proses produksi dari berbagai bentuk salah satunya handle motor Kharisma.
            Handle motor sangatlah penting yang mempunyai fungsi sebagai tuas penekan rem pada sebuah kendaraan roda dua. Umumnya kita terlalu mengabaikan perawatan handle serta sering terjadi patah pada handle yang kita gunakan.
            Oleh sebab itu saya sebagai penulis akan mencoba membuat handle charisma serta membandingkan hasil buatan produk sendiri melalui proses cetakan pasir CO2  dan menggunakan bahan alumunium yang sama.
         
1.2            Permasalahan
Untuk mengetahui prinsip pembuatan, sifat dan karakter pada
handle motor charisma, maka dilakukan studi perbandingan dengan membuat handle dengan paduan alumunium (ADC12 dan ADC14) menggunakan metode pengecoran cetakan pasir CO2  serta melakukan beberapa pengujian.
Yakni pengujian impact, pengujian rokwell dan analisa struktur mikro pada sample hasil pengecoran dan sample original handle Honda charisma.

1.3              Batasan Masalah
Penulisan ini hanya membahas tentang:
1.      Proses pembuatan handle motor charisma
2.      Proses pengujian impact serta perhitungan uji impact
3.      Proses pengujian structurmicro
4.      Pengujian Rockwell
5.      Tidak membahas tentang perhitungan dimensi bentuk benda coran
6.      Tidak membahas tentang perhitungan pada system saluran tuang (gatting system)

1.4              Tujuan Masalah
Tujuan penulisan ini adalah:
1.      Sebagai syarat untuk meraih jenjang sarjana/ S1
2.  Untuk mengimplementasikan ilmu yang di dapat untuk menganalisa ketahanan suatu handle motor
3.      Mendapatkan jenis handle motor yang sesuai dengan kebutuhan



1.5              Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah :
1.  Untuk mengetahui prinsip pembuatan handle motor charisma dengan teknologi pengecoran cetakan pasir CO2  dengan material alumunium ADC 12 dan ADC 14.
2.      Untuk mengetahui effisiensi bahan coran yang digunakan.
3.      Menganalisa hasil produk coran ADC 12 dan ADC 14.

1.6.1        Metode Penulian
Untuk metode pengumpulan data yang di dasarkan pada penelitian langsung yang ada di lapangan berupa:
a.       Metode Interview
Pengambilan data dengan cara melakukan Tanya jawab kepada karyawan setempat dengan terlebih dahulu mempersiapkan pertanyaan yang  akan di ajukan.
b.      Metode Observasi
Proses pengambilan data langsung pada obyek yang diteliti
           
1.6.2        Studi Pustaka
Pengumpulan data yang di lakukan dengan cara membaca buku yang ada kaitannya dengan obyek yang di teliti

1.6.3        Eksperimen
Melakukan pembuatan specimen yang kemudian dilakukan berbagai pengujian untuk mendapatkan data penelitian

            1.7       Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah pembagian skirpsi ini disusun dengan sistematika penulisan sebagai berikut :
            BAB I             PENDAHULUAN
Bab ini dijelaskan mengenai ; latar belakang masalah, identifikasi masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan, dan sistematika penulisan
            BAB II            LANDASAN TEORI
Bab ini akan menguraikan mengenai teori-teori yang menunjang dalam penulisan tugas akhir ini diantaranya :
            BAB III          METODE PENELITIAN
Bab ini berisi tahapan yang di gunakan selama penelitian dan penjelasan dari setiap tahapan tersebut.
            BAB IV          HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
                                    Bab ini akan menguraikan hasil penelitian dan pembahasan dari pengujian
                                   
            BAB V            KESIMPLAN DAN SARAN
                                    Menyimpulkan hasil penelitian dan saran-saran yang disampaikan oleh
                                    Penulis

          1.8     Fokus Pertanyaan

                        1. Apa saja metode peningkatan sifat-sifat pengecoran ?
                        2. Apa yang mempengaruhi fluiditas dan kualitas pengecoran ?
                        3. Apa saja manfaat limbah atau cacat pada pengecoran logam ?




No comments:

Post a Comment